Perbedaan Analisis Regresi Linear dengan Korelasi

Analisis Regresi

Sebuah proses statistik untuk mengestimasi hubungan antar dua variabel kuantitatif atau lebih dan digunakan untuk melakukan peramalan nilai suatu variabel berdasarkan variabel lain.

Contohnya jika seseorang mengetahui hubungan antara pengeluaran untuk iklan dengan banyaknya penjualan, maka dengan mengetahui pengeluaran untuk iklan, seseorang dapat memprediksi banyaknya penjualan.

Korelasi

Alat statistik untuk mengetahui besarnya hubungan atau keeratan hubungan antara 2 variabel. Contohnya adalah, hubungan antara pendidikan kepala rumah tangga terhadap status kemiskinan suatu rumah tangga tersebut. Apakah hubungannya positif atau negatif, tergantung dari tanda yang dihasilkan. Nilai korelasi berkisar dari rentang -1 s.d 1. Semakin mendekati 1 atau -1, maka semakin kuat hubungan antara 2 variabel tersebut. Tetapi jika nilai korelasi tersebut sekalin mendekati 0, maka kedua variabel tersebut tidak ada hubungan atau relasi sama sekali.

Perbedaan Regresi dan Korelasi

PerbedaanRegresiKorelasi
DistribusiHanya variabel respon yang memiliki distribusiKedua variabel memiliki distribusi
Hal yang DiukurMenaksir hubungan linear antara variabel prediktor dengan variabel responMengukur eratnya hubungan linear antara variabel prediktor dengan variabel respon
TafsiranRegresi selalu mudah ditafsirkanTidak mempunyai tafsiran yang praktis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *